Tuesday, September 24, 2013

Hikmah dari Balik Dighaibkannya Masa Depan

Dari sekian banyak film, roman, maupun novel yang ada, kisah perjuangan manusia mencari jawaban atas teka-teki masa depan hidupnya sudah menjadi salah-satu bagian sejarah tema yang tidak kenal mati mewarnainya. Hayalan menembus lorong waktu yang mampu memasuki masa depan adalah salah-satunya. Bahkan tema ini juga tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan real kita sehari-hari. Tengok saja bagaimana persoalan perdukunan yang dari dulu hingga kini terus hidup dalam tema fikiran dan kehidupan manusia, tentu hal utama yang mendorongnya tetap eksis adalah diakibatkan dari hasrat manusia untuk mengetahui masa depannya. Apakah yang dimaksud kalimat "mencari jati diri" itu dimaksudkan atas usaha mencari tahu masadepan hidup itu? mungkin saja demikian, sebab pertanyaan siapakah aku, mau jadi apa aku nanti, dengan siapakah aku akan menikah, dan pertanyaan-pertanyaan senada lainnya adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para pencari jati diri, dan persoalan itu adalah persoalan masa depan hidupnya.
Dengan demikian, saya berkesimpulan, bahwa pada dasarnya setiap manusia ingin mengetahui jawaban dari tanda tanya yang menyelubungi masa depan hidupnya, dan saya termasuk di dalamnya. Yang membedakannya mungkin dari sisi ikhtiar atau usaha yang dikerjakan untuk memenuhi keinginannya tersebut. Ada yang melalui usaha tanpa kenal lelah, dengan leha-leha, nyantai, putus asa, bahkan ada pula yang melakukannya dengan cara menempuh jalan pintas.

Dalam menyikapi keghaiban masa depan, manusia yang shabar dan tawakkal akan selalu berusaha tanpa kenal lelah mencari jawaban tersebut. Semakin banyak langkah yang mereka lakukan maka semakin banyak jawaban yang sebetulnya telah mereka ketahui dari masa depan hidupnya. orang yang semangat dan tidak kenal lelah mencari jawaban dari keghaiban masa depan hidupnya akan banyak menorehkan sejarah hidup, dan sejarah hidupnya itu adalah jawaban yang dulu dia cari-cari.

Keghaiban masa depan secara tidak langsung adalah tuntunan epektif dari Tuhan Pencipta kita agar kita tumbuh menjadi manusia penuh kreativitas dalam melakoni hidup. Bagaimana mau semangat hidup dan bekerja kalau keadaannya kita sudah tahu ending dari hidup atau pekerjaan itu adalah mengecewakan? Bagaimana kita mau mencoba usaha baru bila keadaan kitanya sudah tahu pekerjaan baru itu tidak akan berhasil? Padahal mencoba adalah bagian dari belajar dan akan menjadi pengalaman berharga bagi masa depan hidup kita. Padahal kegagalan adalah ilmu yang berguna supaya kita sadar untuk tidak mengulanginya kembali.

Keghaiban masa depan bagi orang-orang yang semangat mencari tahu jawabannya dengan amal dan usaha adalah ruang positif yang akan membentuk kehidupannya menjadi manusia yang dewasa, kreatif dan penuh sejarah.

Dan amat kasihan terhadap orang yang ingin mengetahui jawaban keghaiban masa depan lewat bertanya kepada para tukang ramal dan dukun. Tentu bagi mereka nilai kreatifnya akan sangat minim, sebab belum juga melakukan usaha barunya mereka sudah berani membathalkannya hanya lantaran ramalan dari dukun yang ditanyainya menyebutkan bahwa usaha barunya itu tidak cocok baginya. Setiap satu momentum sama seperti tersebut tentu sudah menghilangkan satu kesempatan baginya untuk melakukan usaha yang kelak akan jadi sejarah buatnya, juga telah memutuskan nilai pengalaman yang akan berharga bagi masa depan hidupnya. Orang yang selalu mempercayai para normal pada hakikatnya akan mengalami hidup kaku dalam berekspresi, inovasi maupun kreasi.

Maka aku sangat bahagia karena masa depan hidupku hingga kini masih banyak yang ghaib, sehingga dengan kesadaranku untuk memaknai keghaibannya itu membuat aku terus hidup semangat dan semoga penuh kreatifitas yang bermanfaat, bagiku maupun manusia lainnya... semoga..
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments :

Post a Comment