Saturday, September 14, 2013

Tentang Kami

Blog ini kami buat secara khusus untuk mengetengahkan hasil kajian sejarah terkait cerita-cerita mitos, cerita-cerita israiliat, maupun legenda-legenda yang berkembang dari mulut ke mulut, yang semuanya berbau kepercayaan yang beredar luas di masyarakat, yang landasan sumber kisahnya tidak bisa dicari kebenarannya selain hanya sebatas buah dari hayalan-hayalan semata. Istilah mitos yang sering kita pakai untuk menamakan cerita-cerita berbau kepercayaan yang sifatnya hanya hayalan semata itu tidak jauh berbeda maknanya dengan istilah israiliat dalam dunia Islam. Itulah mengapa kami menamai blog ini dengan Mitos dan Israiliat. 

Istilah israiliat dipakai untuk menamai kisah-kisah berbau kepercayaan tahayul dan kemusyrikan, awal mulanya dilantarankan oleh kronologi beredarnya cerita-cerita itu atas usaha para kaum munafik yahudi yang sengaja ingin mengotori ajaran aqidah Islam. Para kaum Yahudi yang selanjutnya masuk Islam, dalam perkembangan sejarahnya ternyata banyak yang belum bisa melepaskan ajaran agama lamanya. Bahkan banyak dari kalangan mereka yang menceritakan kembali kisah-kisah berbau kepercayaan dan sejarah masa lampau kepada anak cucunya yang muslim dengan referensi agama lamanya itu. Kisah-kisah berbau Islam, tapi bukan bersumber dari ajaran Islam, itu kemudian beredar luas di tengah ummat ini dan sering kali diyakini kebenarannya oleh sebagian besar ummat. 

Seperti halnya cerita-cerita israiliat yang berhasil menyusup kepada berbagai macam persoalan aqidah Islam, kisah-kisah mitos dari agama lain pun seringkali masih banyak mempengaruhi kepercayaan dan keimanan mereka. Sering kali, karena sangat populernya kisah itu di kalangan masyarakat muslim, banyak dari kalangan ummat Islam yang mempercayai cerita itu sebagai kebenaran, atau sekurang-kurangnya masih mempengaruhi kepercayaan mereka. Aqidah tauhid murni yang diajarkan Islam, dengan menyusupnya kepercayaan-kepercayaan itu, menjadi banyak ternodai. Wajah ajaran Islam menjadi tidak lagi berbeda dengan agama lain yang penuh dengan kemusyrikan. 

Sudah seyogianya lah bagi kita yang menganut Islam karena ketertarikan akan ajaran Aqidahnya yang murni tauhid millah Ibrahim, mewaspadai dan membentengi diri dari mitos-mitos atau kisah israiliat yang beredar di sekitar kita dengan memperbanyak wawasan sejarah dan keilmuan tauhid yang mencerahkan. Harapan besar, semoga dengan hadirnya blog ini bisa menambah wawasan keilmuan bagi siapa pun yang sedang haus mencari kebenaran, dan berusaha membersihkan kepercayaannya dari anasir-anasir kemusyrikan yang akan mengotori aqidahnya.

1 comment :

Comments
1 Comments
  1. New York Sportsbook: Which App Is Best? - JTM Hub
    NYS casinos 김뿡 얼굴 in 2021 will launch in New 대구광역 출장안마 York State and South America. Here is our 충주 출장샵 guide on the state of the 서울특별 출장샵 art online 서산 출장마사지 sports betting industry in

    ReplyDelete